Rabu, 02 September 2015

Tips dan Trick

Tips dan Trick
     Sebelum saya memberikan tips dan tricks yang sangat bermanfaat, saya akan bercerita sedikit tentang kegiatan yang saya ikuti di Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan yang saya ikuti tersebut adalah kegiatan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI), dalam kegiatan pelatihan tersebut saya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang Internet, E-Mail, Google Scholar, dan masih banyak lagi.
     Dalam pelatihan tersebut ada dua orang instruktur yang mendampingi dan mengajarkan PATI. Dua orang tersebut adalah mas Ibnu dan mas Ari, instruktur yang sangat ramah dan bersahabat dalam memberi pelatihan yang membuat saya bersemangat dan tidak ingin tertinggal mengikuti PATI.

     Nah sekarang saya akan memberikan tips dan tricks yang berhubungan juga dengan Pelatihan yang saya ikuti di Universitas Muhammadiyah Malang tersebut yang sangat bermafaat dalam kegiatan perkuliahan untuk para mahasiswa.Ini adalah tips untuk pencarian di aplikasi search engine yang sangat umum di gunakan yaitu Google.Untuk mencari suatu informasi yang di butuhkan untuk mengerjakan tugas ataupun hanya ingin menambah wawasan dengan mencari berita agar pencarian yang kita inginkan lebih spesifik sesuai dengan yang di inginkan, mencari sebuah informasi yg berupa file,dan mencari website.Berikut adalah caranya:


  • Untuk menspesifikkan pencarian antara dua kata yang berbeda menggunakan tanda petik ("). Contoh: Gudeg Jogja menjadi "Gudeg Jogja"
  • Untuk mencari tipe file seperti doc, pdf, ataupun ppt. dengan cara mengetikkan (filetype:.doc/pdf/ppt) di akhir kata pencarian. Contoh : "Resep Gudeg Jogja" filetype:doc
  • Yang terakhir adalah mencari website ataupun blog yaitu, dengan cara mengetikkan (site:alamatweb.com)
      Nah mungkin hanya sedikit tips dan tricks yang saya berikan tersebut tapi semoga bermanfaat dalam membantu pekerjaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar